Beberapa Jenis Penyakit yang Disebabkan Oleh Pencemaran Debu

Ada banyak jenis kategori pencemaran udara yang bisa menjadi penyebab penyakit bagi setiap orang baik itu anak-anak maupun orang dewasa, salah satunya adalah jenis pencemaran debu pada udara di sekitar kita. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya pencemaran tersebut adalah kurangnya perhatian terhadap ruangan sekitar dimana kita sering mengabaikan kebersihan pada ruangan rumah kita dan ada juga faktor lainnya seperti kemarau panjang yang menjadikan tanah di sekitar kita tandus dan berdebu. Dengan demikian, anda pun kini perlu lebih memperhatikan lingkungan dalam rumah dan gunakanlah perlengkapan yang dapat melindungi anda dari debu-debu tersebut. Dan berikut akan saya paparkan beberapa jenis penyakit yang disebabkan oleh pencemaran debu:

1 . Penyakit Asbestosis
Penyebab penyakit yang satu ini umumnya dikarenakan oleh debu atau serat asbes yang mencemari udara sekitar kita. Asbes sendiri adalah suatu campuran dari berbagai macam silikat, akan tetapi campuran yang paling utamanya adalah Magnesium silikat. Kotoran atau debu tersebut dapat masuk terhirup masuk ke dalam paru-paru yang mampu mengakibatkan sesak napas dan batuk pada korbannya yang disertai juga dengan dahak. Dan jika dilakukan pemeriksaan pada dahak penderitanya maka akan ditemukan debu asbes pada dahak tersebut.

2 . Silikosis
Penyakit yang satu ini disebabkan oleh silica bebas berupa Sio2 yang terhisap masuk ke dalam paru-paru penderitanya dan kemudian mengendap. Kotoran tersebut sering kita jumpai di pabrik baja dan besi serta keramik. Bagi anda yang bekerja pada pabrik atau pembuatan keramik maka usahakan untuk menggunakan penutup atau penyaring udara pada mulut anda agar tidak kemasukan kotoran tersebut.

3 . Beriliosis
Udara yang tercemar oleh debu logam berilium baik yang berupa logam murni, sulfat ataupun yang berbentuk halogenida mampu menyebabkan suatu penyakit pada saluran pernapasan yang disebut sebagai Beriliosis. Debu logam tersebut mampu menyebabkan nasoparingtis, pneumonitis dan bronchitis yang juga ditandai dengan demam, sesak napas dan batu kering. Umumnya penyakit ini banyak diderita oleh pekerja industri yang kurang safety dalam menggunakan perlengkapan kerjanya.