Kalahkan Bakteri Penyebab Penyakit Diare dengan Cuci Tangan

bakteri penyebab penyakit

Kalahkan Bakteri Penyebab Penyakit Diare dengan Cuci Tangan

Diare merupakan penyakit yang tak jarang menyerang sesorang. Penyakit ini biasanya dianggap ringan dan kurang diperhatikan. Namun tak ada penyakit yang bisa dianggap ringan, jika dibiarkan dan diabaikan terus menerus tak menutup kemungkinan dapat menyebabkan keadaan yang lebih buruk. Untuk itu menjaga kesehatan dari hal-hal yang kecil adalah langkah yang tepat untuk dilakukan. Jika anda seringkali terserang diare, maka perlu untuk mengetahui penyebab-penyebabnya. Salah satu penyebab penyakit ini yaitu dikarenakan bakteri penyebab penyakit diare seperti E.coli, Samonella, dan Vibrio cholera. Selain itu diare juga bisa disebabkan karena alergi makanan yang terlalu pedas, asam, dan manis. Bisa juga karena terlalu banyak memakan makanan tertentu seperti santan dan vitamin C. Anda bisa memperkirakan mana yang mungkin menjadi penyebab diare yang anda alami. Jika dirasa tidak ada yang salah dengan makanan yang anda makan, maka kemungkinan diare tersebut disebabkan oleh bakteri.

Mengetahui bagaimana bakteri penyebab penyakit menginfeksi tubuh bisa menjadi pedoman untuk anda menghindarinya. Bakteri dapat menginfeksi tubuh melalui beberapa cara. Pertama melalui kontak baik kontak langsung maupun tidak langsung. Kontak tidak langsung bisa terjadi karena anda bersentuhan dengan benda yang telah terinfeksi bakteri. Kedua adalah melalui pernafasan. Ketiga melalui pencernaan. Infeksi ini bisa ditularkan melalui perantara makanan, air, dan lainnya. Bakteri dapat mencapai saluran pencernaan melalui mulut dan kadang juga melalui hidung atau mata. Kemudian cara infeksi lainnya adalah melalui inokulasi serta bawaan.

Dalam kasus diare yang disebabkan oleh bakteri mungkin bakteri menginfeksi tubuh melalui kontak maupun pencernaan. Untuk itu pencegahan dapat anda lakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar, menjaga makanan dan kebersihan makanan yang dikonsumsi, membersihkan bahan-bahan makanan sebelum memasak atau mengonsumsinya, juga jangan lupa cuci tangan sebelum makan. Hal terakhir inilah yang kadang dilupakan. Mencuci tangan yang sebenarnya mudah untuk dilakukan, yang sulit adalah menghilangkan rasa malasnya. Namun kini ada Lifebouy sabun cuci tangan yang praktis untuk digunakan. Kini saatnya kalahkan bakteri penyebab penyakit.

Baca juga: Teh Hijau Dengan Jeruk Nipis? Hmm Apa Khasiatnya?