Bagaimana Keperluan Nutrisi Untuk Ibu yang Hamil Bayi Kembar Dua ?

Bagaimana Keperluan Nutrisi Untuk Ibu yang Hamil Bayi Kembar Dua

Mau tidak mau, ibu yang hamil kembar 2 penting untuk melakukan perawatan yang lebih dibandingkan dengan ibu yang hamil dengan satu bayi alias kehamilan tunggal. Kehamilan tunggal saja untuk ibu sangat penting dalam selalu menjaga kesehatan.

Maka secara otomatis, perawatan yang dilakukan untuk kehamilan dengan dua janin pun pastinya memerlukan tingkat perawatan yang lebih.

Nah, salah satu perawatan yang sangat penting untuk dilakukan oleh ibu hamil bayi kambar ini adalah mencukupi kebutuhan nutrisi harian di masa kehamilan.

Dalam memenuhi kebutuhan nutrisi harian ini pun untuk ibu yang hamil bayi kembar dua juga mengalami peningkatan. Hal tersebut mengingat bahwa ibu harus memenuhi kebutuhan nutrisi dua janin, bukan lagi satu janin.

Bagaimana Keperluan Nutrisi Untuk Ibu yang Hamil Bayi Kembar Dua

Ibu yang hamil bayi kembar dua memerlukan asupan 300 kalori perhati untuk 1 janin di dalam kandungan, sehingga untuk dua janin berarti ibu perlu mencukupi 600 kalori per harinya.

Konsumsilah makanan dan minuman bergizi pada pasa hamil kembar 2 ini, mengingat bahwa pemenuhan nutrisi secara baik adalah kunci dari berhasilnya kehamilan hingga proses melahirkan.

Jelasnya bukan hanya kalori saja peningkatan asupan nutrisi yang harus dipenuhi. Ibu hamil bayi kembar dua juga penting untuk meningkatkan asupan protein. Jika ibu hamil pada umumnya memerlukan kurang lebih 60 gram protein per harinya, namun bagi anda yang dalam kehamilan kembar dua jelasnya membutuhkan asupan protein yang lebih.

Ahli kesehatan menyarankan asupan protein yang perlu dicukupi oleh ibu hamil bayi kembar dua adalah 100 sampai dengan 175 gram protein seharinya pada trimester akhir kehamilan. Sumber protein pun banyak, ada ikan, daging, sayuran.

Zat besi juga menjadi salah satu asupan nutrisi yang mengalami peningkatan pada kehamilan kembar dua dan harus dipenuhi jelasnya.

Volume darah pada ibu hamil kembar 2 akan meningkat sampai dengan 2 kali lipat. Asupan zat gizi perlu untuk dipenuhi agar ibu terhindar dari anemia alias kekurangan darah.

Sumber zat besi bisa dijumpai pada kacang-kacangan ataupun biji-bijian, makanan dengan kandungan vitamin C, dan lain sebagainya. Lalu selain zat besi, kalsium pun tak kalah penting untuk dicukupi.

Wanita hamil bayi kembar 2 direkomendasikan untuk memperoleh 2.500 miligram kalsium dalam sehari. Ibu bisa konsultasikan bersama dokter terkait kebutuhan kalsium yang perlu untuk dicukupi.

Sumber kalsium sebagai asupan gizi ibu hamil bisa dijumpai pada susu. Ibu dapat minum susu ibu hamil seperti SGM untuk menyempurnakan asupan gizi harian di masa kehamilan.