Bagaimana Cara Untuk Menjaga Kesehatan Jantung ?

Bagaimana Cara Untuk Menjaga Kesehatan Jantung ?

Jantung adalah organ di dalam tubuh yang tidak pernah berhenti untuk bekerja. Oleh sebab itulah mengapa sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung agar kinerjanya juga bisa maksimal sesuai dengan fungsinya. Lalu seperti apa cara yang tepat untuk menjaga jantung tetap sehat ? Sebetulnya banyak hal-hal sederhana yang dapat berdampak baik yang besar pada kesehatan jantung anda. Berikut ini beberapa diantaranya :

Rutin berolahraga. Rasanya ini sudah bukan rahasia lagi kalau memang untuk menjaga kesehatan salah satu langkah tepat untuk dilakukan adalah dengan rutin berolahraga. Olahraga dibutuhkan paling tidak dalam seminggu adalah selama 150 menit yang berarti minimal sehari adalah 30 menit dan dilakukan lima kali dalam seminggu.

Hilangkan kebiasaan merokok. Ini juga sudah menjadi hal umum bahwa merokok merupakan salah satu kebiasaan yang dapat merusakan kesehatan jantung. Merokok bahkan menjadi penyebab utama penyakit jantung koroner. Oleh sebab itulah jika memang anda ingin menjaga kesehatan jantung dapat terjaga dengan baik, henyikan kebiasaan merokok dari sekarang dan alihkan pada kebiasaan sehat.

Konsumsi ikan yang kaya dengan kandungan asam lemak omega 3. Makanan yang mengandung omega 3 dapat membantu untuk mencegah penyakit jantung. Ikan seperti ikan salmon adalah sumber omega 3 yang baik untuk dikonsumsi secara teratur. Konsumsi ikan dengan kandungan omega 3 paling tidak dua kali seminggu untuk mencukupi keperluan asupan omega 3 pada kesehatan jantung.

Konsumsi makanan berserat. Sumber serat pada berbagia makanan seperti buah, gandum ataupun sereal juga bisa membantu menurunkan resiko penyakit jantung. Kebutuhan serat harian adalah 30 gram per hari. Perlu dipahami juga dalam mencukupi kebutuhan serat perlu dilakukan secara bertahap, tidak langsung mengkonsumsi sumber makanan berserat dalam jumlah yang banyak sekaligus.

Jaga tekanan darah tetap stabil. Ini adalah cara lainnya untuk menjaga kesehatan jantung. Tekanan darah yang terlampau tinggi bisa menyebabkan dinding arteri rusak dan memunjulkan jaringan parut. Apabila hal tersebut tejadi maka darah serta oksigen bakal semakin susah mengalir dari serta ke hati yang berujung membuat jantung pun harus lebih keras untuk bekerja supaya oragan tubuh yang lainnya tercukupi kebutuhan oksigennya. Nah, jantung yang bekerja lebih keras pastinya juga akan lelah yang bisa membuat fungsi jantung akhirnya tidak maksimal.