Apakah Strawberry Aman untuk Penderita Diabetes?

tips cara mencegah penyakit diabetes

“Orang diabetes itu tidak boleh makan yang manis-manis, termasuk buah.”

Demikian anggapan sebagian masyarakat awam yang belum mengenal betul seluk beluk penyakit diabetes. Padahal tidak selamanya penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi makanan manis, misalnya buah. Sebab ada banyak sekali kandungan nutrisi dalam buah yang akan mendukung kesehatan semua orang termasuk penderita diabetes.

Salah satu jenis buah yang cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah strawberry. Tak hanya memiliki warna merah dan rasa yang ranum memikat, beberapa manfaat ini menjadi alasan mengapa strawberry memang baik bagi untuk dikonsumsi :

Strawberry Itu Rendah Kalori

Secangkir sajian buah strawberry hanya mengandung 60 kalori saja. Sementara kue kering dengan jumlah sajian yang sama tentu saja mengandung jauh lebih banyak kalori daripada strawberry. Mengonsumsi strawberry dengan porsi yang seimbang tidak akan membuat kadar gula darah naik secara drastis sebab nilai kalorinya relatif kecil.

Kemampuan Strawberry Menstabilkan Kadar Gula Dalam Darah

Sebuah penelitian pernah menguji kemampuan strawberry dalam menstabilkan kadar gula darah. Hasilnya, orang yang mengonsumsi roti tawar putih bersama strawberry memiliki kestabilan gula darah yang lebih baik daripada orang yang hanya mengonsumsi roti tawar putih. Ternyata dibalik kemampuan strawberry dalam menstabilkan kadar gula darah, ada peran zat polifenol yang sangat bermanfaat. Polifenol dalam strawberry membuat tubuh hanya membutuhkan sedikit insulin saat menstabilkan kadar gula darah.

Antioksidan Dalam Strawberry

Menurut jurnal diabetes yang diterbitkan tahun 2003, kandungan antioksidan dalam bahan makanan mampu membantu mencegah risiko diabetes. Hal ini tentu kabar baik bagi Anda yang gemar makan strawberry sebab buah strawberry juga termasuk bahan makanan yang kaya antioksidan. Sementara bagi para penderita diabetes, konsumsi strawberry dapat meminimalkan risiko komplikasi jenis-jenis penyakit lainnya seperti risiko gangguan pembuluh darah.

Vitamin C Juga Ada pada Strawberry!

Bukan hanya buah jeruk atau jambu biji yang kaya kandungan vitamin C. Karena, ternyata strawberry juga memiliki kandungan vitamin C yang melimpah. Secangkir sajian strawberry sudah cukup memenuhi 100% kebutuhan vitamin C harian bagi tubuh Anda. Ingin disantap begitu saja atau diolah menjadi jus tanpa tambahan pemanis, vitamin C dalam buah strawberry akan membuat daya tahan tubuh Anda menjadi semakin baik.

Daripada sibuk memikirkan cara mengobati diabetes, lebih baik dari sekarang Anda mengenal cara mencegah penyakit diabetes. Mulailah mengonsumsi buah strawberry sebagai salah satu cara mencegah penyakit diabetes yang sangat praktis. Jangan tunggu sampai Anda mengidap diabetes untuk mengonsumsi buah-buahan dan rutin menjalani pola hidup sehat.