Apa Itu Gula Darah ?

Apa Itu Gula Darah ?

Gula darah adalah istilah yang mengacu pada kadar gula atau glukosa pada darah. Darah ada media utama dalam tubuh yang berfungsi mengedarkan zat- zat yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas. Darah mengandung berbagai unsur dengan berbagai fungsi, diantaranya adalah oksigen dan gula atau glukosa. Oksigen dalam tubuh berperan dalam mengatasi stress, menjaga kekebalan tubuh, membantu deregenerasi sel dan banyak lagi, sedangkan gula atau glukosa berperan dalam memenuhi kebutuhan energi dalam tubuh. Kebutuhan energi dipasok oleh glukosa yang bisa diperoleh manusia dari asupan- asupan yang manusia makan sehari- harinya. Kandungan gula dalam setiap makanan olahan berbeda, tergantung dari bahan yang digunakan untuk membuat makanan tersebut.

Umumnya kadar gula darah dalam tubuh senantiasa terjaga setiap harinya. Dimana tubuh selalu berusaha menjaga setiap sistemnya agar berjalan dengan baik. Kadar gula dalam tubuh rata- rata berada pada angka 4- 8 mmol per liter atau 70- 150 mg per desiliter. Tingkatan gula darah umunya akan mengalami kenaikan pada sesaat sehabis makan dan ada pada kadar terendahnya saat pagi hari sebelum orang makan. Kekurangan gula darah akan mengakibatkan keadaan yang disebut hipoglikemia, gejalanya- gejalanya adalah perasaan lelah, fungsi mental yang menurun, rasa mudah tersinggung, dan kehilangan kesadaran. Sebaliknya  bila level gulah darah tinggi akan mengakibatkan keadaan yang disebut hiperglikemia, nafsu makan akan tertekan untuk waktu yang singkat. Dalam jangka panjang dapat mengkakibatkan diabetes, termasuk kerusakan pada mata, ginjal dan syaraf.

Gula darah ada baiknya tetap dijaga pada kondisi normal, agar fungsi tubuh dapat berjalan dengan semestinya. Kandungan gula darah rendah dapat mengakibatkan masalah, begitu pula jika kandungan gulanya terlalu berlebihan juga dapat menyebabkan masalah. Untuk itu tubuh mempunyai mekanisme sendirii dalam mengatur kadar glukosa dengan dilepasnya glukanon untuk menaikan kadar gula darah oleh hati dan dilepasnya insulin dari pankreas untuk menurunkan kadar gula darah. Pada penderita diabetes disarankan menggantikan gula biasa dengan pemanis tanpa gula contohnya tropicana.