Anak Sehat Berawal Dari Perhatian Orang Tua

Anak Sehat

Tidakkah semua orang tua menginginkan anak sehat dan juga cerdas? Akan sangat menyenangkan apabila seorang ayah atau ibu melihat anak mereka tumbuh dengan sehat, cerdas, dan juga lincah. Tentu untuk dapat berkembang dengan baik, anak-anak membutuhkan banyak dukungan dari orang tua mereka, mulai dari asupan makanan, minuman, vitamin, serta dukungan secara fisik, misalnya memberikan stimulus, dan lainnya. Oleh karenanya, sebagai orang tua pun seharusnya tahu betul apa yang dibutuhkan oleh si anak agar mereka dapat tumbuh sehat dan juga cerdas nantinya.

Jika ayah atau ibu memiliki balita, cobalah lihat ciri fisik berikut untuk mengetahui apakah si anak termasuk dalam balita sehat atau tidak:

  • Kuku berwarna merah muda dan terlihat segar.
  • Kulitnya terlihat bersih, dan ketika terluka atau tergores akan cepat sembuh.
  • Rambutnya bersih mengkilap serta tidak mudah patah atau rontok.
  • Gusinya terlihat merah muda serta tidak mudah berdarah.

Orang tua memiliki andil yang sangat besar dalam menjaga anak agar tetap sehat dan segar. Oleh karenanya, sebagai salah satu orang yang sangat sering atau bahkan selalu berkontak fisik dengan bayi, ada baiknya jika orang tua juga memperhatikan kebersihan dan kesehatan mereka. Apabila sedang terkena sakit, sebisa mungkin jangan terlalu sering atau kalau bisa hidari kontak langsung dengan bayi. Hal ini mencegah agar bayi tidak tertular. Ketika sehabis beraktifitas dan ingin melakukan kontak dengan anak, sebaiknya lakukan cuci tangan dan kaki terlebih dengan lifebuoy agar kuman yang menempel mati, sehingga anak sehat ayah ibu tetap terjaga kebersihannya.