7 Manfaat Green Tea Untuk Wajah

green tea

green tea

Green Tea atau teh hijau adalah minuman yang dibuat dari tanaman Cameliia sinensis. Saat ini green tea menjadi minuman favorit yang dapat Anda temukan di berbagai restoran dan kedai. Ternyata green tea tidak hanya dapat dijadikan minuman, namun dapat juga Anda manfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan wajah.

Baca Juga :

Berikut manfaat green tea untuk wajah:

1. Green tea dapat mengurangi komedo

Komedo menjadi masalah bagi kulit wajah kebanyakan orang, seperti dengan jerawat dan kelebihan minyak. Green tea memiliki senyawa yang mampu mendorong, mengeringkan, dan mengeluarkan isi komedo dengan alami tanpa harus dipencet oleh tangan. Caranya adalah ambil green tea yang sudah dihaluskan, tambah sedikit garam lalu oleskan pada bagian wajah yang memiliki komedo.

2. Mencegah kerutan halus pada wajah

Wajah Anda mengalami penuaan dini yang ditanda dengan kerutan halus pada wajah? Tidak perlu khawatir ternyata green tea juga dapat mencegahnya. Mineral, vitamin, dan senyawa lainnya pada green tea mampu menjadi anti-aging alami yang mencegah kemunculan kerutan halus di sekitar ujung bibir dan kelopak mata, nutrisi dalam green tea dapat bekerja dari dalam tubuh dengan cara rajin mengkonsumsinya setiap hari sesudah makan.

3. Mengatasi masalah kulit berminyak

Tingginya kadar minyak pada permukaan wajah adalah penyebab kulit berminyak dan juga menyebabkan timbulnya jerawat. Green tea juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah kulit berminyak. Caranya? Simpan green tea yang sudah dicelup ke dalam air di dalam kulkas atau lemari es. Pada hari esoknya, gunakan teh hijau ini dengan cara diusap secara merata pada area wajah, kemudian lakukan hal ini setiap hari.

4. Mengatasi kulit kering

Kulit kering dialami oleh sebagian wanita. Jika Anda adalah seorang wanita yang mengalami kulit kering, green tea dapat dimanfaatkan juga untuk mengatasinya. Caranya adalah dengan mencampurkan tiga sendok oatmeal, beberapa sendok air teh hijau, dan perasan lemon. Setelah itu campuran ini diusapkan ke seluruh wajah sebagai masker, sambil dipijat dengan gerakan memutar. Kemudian, diamkan sekitar 15 menit lalu bilas dengan air dingin.

5. Pemutih wajah secara alami

Teh hijau selain dikonsumsi dapat juga Anda gunakan sebagai pemutih wajah yang alami, termasuk juga badan. Caranya adalah dengan mencampurkan green tea yang sudah ditiriskan dengan madu, lalu usaplah secara merata pada wajah. Lalu diamkan selama 20n menit, setelah itu dibilas dengan air hangat.

6. Menghilangkan kantung mata atau mata panda

Anda memiliki kantung mata akibat kurang tidur? Mungkin bagi sebagian orang hal ini tidak masalah, tapi sebagian lainnya mempermasalahkannya karena dapat merusak citra wajah. Anda juga tidak perlu khawatir karena green tea juga dapat dimaanfaatkan untuk menghilangkan mata panda. Bagaimana caranya? Celup teh hijau ke dalam air panas mendidih, tiriskan, lalu simpan ke dalam lemari es. Setelah beku, kompreskan kepada bagian kelopak mata, maka penampilan mata Anda pun tampak lebih segar. Lakukan hal ini setiap hari karena perlu waktu untuk menghilangkan mata panda.

7. Mengatasi iritasi pada wajah

Wanita yang memiliki kulit sensitif sering mengalami iritasi pada kulit wajah. Iritasi kulit bisa terjadi karena banyak sebab, diantaranya oleh gigitan nyamuk, tidak cocok pada kosmetik tertentu, dan yang lainnya. Bagaimana perawatan kulit sensitif dengan green tea? Gunakanlah ampas teh hijau dan pergunakan sebagai masker pada bagian kulit wajah yang mengalami iritasi, setelah itu diamkan selama 15 menit.

Masih banyak lagi manfaat teh hijau baik untuk dikonsumsi maupun sebagai masker wajah. Anda dapat mencoba salah satunya untuk merasakan manfaatnya.