5 Manfaat Minum Teh Hijau di Pagi Hari

minum green tea

minum green tea

Teh hijau merupakan salah satu minuman sehat yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Teh hijau dikatakan mampu mencegah penuaan, mengobati jerawat, mempercantik kulit wajah, dan memiliki manfaat-manfaat lainnya untuk tubuh. Ternyata, ada saat yang utama agar manfaat teh hijau bisa diraih dengan baik, yaitu meminumnya di saat pagi hari.

Terdapat banyak manfaat meminum teh hijau di pagi hari. Di dalam teh hijau terdapat antioksidan yang tinggi yang bisa menjadi sebab pencegah penuaan dini, juga terkandung di dalamnya asam folat, mangan, kalium, magnesium, kafein, vitamin B, dan vitamin lainnya yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut adalah 5 manfaat meminum teh hijau di pagi hari, seperti dilansir oleh Health Site (02/02).

Baca Juga :

Membantu menurunkan berat badan

Di dalam teh hijau terdapat bahan bernama EGCG (Epigallocatechin-3-gallate) yang dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan menekan nafsu makan. EGCG juga dapat mengaktifkan gen pembakar lemak sehingga mempercepat pembakaran kalori lebih banyak bahkan hingga 77 persen menurut penelitian di Tufts University. Ia juga merupakan sumber antioksidan yang dapat menyehatkan sistem saraf dan menurunkan keinginan untuk ngemil.

Melawan kanker

Antioksidan dalam teh hijau dapat membantu Anda melawan berbagai jenis kanker. Antioksidan ini juga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker pada paru-paru. Dalam sebuah penelitian disebutkan senyawa kimia itu dapat menghambar kanker kolorektal bahkan membuat sel-sel kanker prostat melakukan bunuh diri. Ia juga dapat mencegah kerusakan pada sel yang disebabkan oleh radikal bebas dengan menyerang mereka sebelum berhasil merusak sel dalam tubuh.

Mengontrol kolesterol

Terdapat banyak faktor yang dapat menyebabkan kadar kolesterol dalam tubuh meningkat, di antaranya obesitas, depresi, mengonsumsi makanan berlemak tinggi, dan lain-lain. Apabila kadar kolesterol dalam tubuh terus menumpuk maka ia berisiko terkena penyakit yang berbahaya seperti penyakit jantung.

Teh hijau membantu mengurangi tingkat kolesterol dengan sebab kandungan flavonoid unik di dalamnya yang disebut dengan katekin. Katekin mampu mengurangi penyerapan kolesterol dan meningkatkan kemampuan pembuangan kolesterol pada feses. Berdasarkan penelitian, meminum teh hijau selama delapan pekan berturut-turut dapat mengurangi kadar kolesterol LDL dua hingga empat persen. Penurunan kadar kolesterol LDL dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung 22 hingga 33 persen. Selain itu, teh hijau juga dapat menjaga arteri tetap sehat dan tidak tersumbat. Arteri yang sehat dapat mencegah penyakit jantung terjadi.

Mengontrol diabetes

Di dalam teh hijau terdapat polifenol dan polisakarida yang efektif dalam menurunkan tingkat gula darah dalam tubuh. Polifenol merupakan antioksidan yang ditemukan pada setiap tanaman yang mampu membantu mengurangi stres oksidatif, yaitu keadaan di mana jumlah radikal bebas dalam tubuh melewati batas kapasitas tubuh untuk membuatnya netral. Berdasarkan penelitian, zat EGCG yang terkandung di dalam teh hijau dapat menghambat produksi glukosa pada lever dan menurunkan tingkat gula darah serta mengontrolnya.

Menurut penelitian yang telah dipublikasikan di Diabetes and Metabolism Journal tahun 2013, seseorang yang meminum enam cangkir teh hijau dalam sehari mempunyai 33 persen lebih rendah kemungkinannya terkena diabetes tipe 2 dibandingkan seseorang yang meminum kurang dari secangkir teh hijau dalam sepekan, penelitian ini dilakukan di Jepang.

Meminum dua sampai tiga gelas teh hijau dalam sehari pun dapat menjadi sebab pencegahan terhadap penyakit diabetes sejak dini.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Teh hijau juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan beberapa zat antibakteri yang ada di dalamnya seperti antioksidan berupa polifenol dan flavonoid. Keduanya melindungi tubuh terhadap serangan radikal bebas dan menghancurkan radikal bebas tersebut.

Itulah 5 manfaat minum teh hijau di pagi hari. Teh hijau mampu memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh melalui zat-zat yang terkandung di dalamnya. Jadi jangan ragu untuk memulai pagi Anda dengan meminum teh hijau dari sekarang.