4 Jenis Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Diabetes Melitus

diabetes melitus

Penyakit diabetes melitus tergolong penyakit berbahaya dan harus diwaspadai ciri-ciri maupun gejalanya sedari dini, mengingat penyakit tersebut dapat mengancam jiwa para penderitanya. Penyakit diabetes yang lambat tertangani dapat mengancam fungsi tubuh yang lain dimana dapat menyebabkan resiko komplikasi munculnya penyakit lain seperti jantung, stroke, ginjal, maupun gangguan saraf di kaki. Untuk itu asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi hal penting yang harus diperhatikan bagi penderita diabetes terutama menghindari jenis makanan yang banyak memiliki kandungan karbohidrat tinggi, lemak jenuh, sodium, ataupun lemak trans.

Pengkonsumsian zat karbohidrat tinggi penting untuk dihindari pasien diabetes karena zat tersebut dapat memicu kenaikan berat badan serta kadar gula darah dalam tubuh. Meskipun pasien diabetes (kencing manis) harus menghindari beberapa jenis makanan tertentu bukan berarti pasien diabetes tersebut harus kelaparan dan kekurangan asupan makanan. Karena masih banyak jenis makanan yang baik dan aman dikonsumsi oleh penderita diabetes dan makanan tersebut dapat divariasikan menjadi berbagai jenis menu makanan yang lezat dan nikmat sehingga tidak akan membuat bosan para penderita penyakit diabetes.

Untuk jenis makanan yang harus dihindari penderita penyakit diabetes melitus karena dikhawatirkan dapat memicu semakin tingginya kadar glukosa di dalam tubuhnya adalah seperti yang dipaparkan berikut ini :

  1. Jus Buah
    Semua jenis buah-buahan memang baik dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes karena mengandung banyak serat yang bermanfaat untuk tubuh. Akan tetapi hal tersebut berbeda jauh dengan jus buah yang banyak mengandung gula dimana jika dikonsumsi oleh penderita diabetes akan meningkatkan jumlah glukosa dalam tubuhnya secara tajam. Mengkonsumsi buah utuh akan jauh lebih baik dan bermanfaat untuk kesehatan pasien diabetes daripada meminum segelas jus buah yang memiliki resiko buruk bagi kesehatan penderita penyakit kadar gula berlebih tersebut.
  1. Permen
    Makanan ini wajib dihindari penderita diabetes karena merupakan sumber glukosa yang tinggi. Nilai gizi yang terkandung dalam permen kurang baik bagi pasien diabetes karena dapat memicu lonjakan gula darah dalam tubuh menjadi semakin tinggi.
  1. Kentang Goreng
    Kentang goreng selain merupakan sumber karbohidrat yang tinggi, juga mengandung minyak yang banyak mengandung kalori ekstra di dalamnya. Kentang goreng kemungkinan besar sarat mengandung lemak trans yang dapat meningkatkan kolesterol jahat dan memicu datangnya penyakit jantung. Karbohidrat tinggi yang terkandung di dalam kentang dapat memicu pertambahan berat badan pasien diabetes sehingga resiko gula darah dalam tubuh yang tinggi akan semakin besar terjadi.
  1. Aneka Kue Basah dan Kering
    kue basah dan kue kering tentu memiliki kandungan gula dan karbohidrat tinggi sehingga hal ini sangat berbahaya apabila dikonsumsi penderita diabetes karena dapat menghambat dan mengganggu kinerja baik insulin pada tubuh.