3 Cara Jitu Mencegah Timbulnya Penyakit Disentri

penyakit disentri

Apa sih disentri itu? Disentri ialah sejenis penyakit yang disebabkan karena adanya parasit atau bakteri yang tumbuh dan berkembang secara subur pada daerah yang mempunyai tingkat populasi yang begitu padat, sehingga bakteri bisa secepatnya berkembangbiak dan bisa berpindah-pindah dari orang satu ke orang yang lainnya lewat kontak langsung maupun lewat minuman dan makanan yang sudah terkontaminasi dengan bakteri disentri. Pada dasarnya, bakteri disentri tersebut pola kerjanya menyerang usus. Sehingga sangat wajar, jika gejala awal penyakit disentri ialah keram perut, diare, feses mengeluarkan darah, merasa mual-mual dan muntah serta penderita merasakan demam yang tinggi. Nah, jika sobat sudah tahu tentang gejala penyakit disentri, sebaiknya apabila keluarga ataupun teman yang mengidap gejala tersebut secepatnya dibawa ke dokter untuk memperoleh pengobatan secara cepat.

Jika gejala tersebut dibiarkan begitu saja, dipastikan bisa memperburuk keadaan. Nah, untuk itu lakukanlah pencegahan sebelum bakteri disentri menyerang sobat maupun teman atau keluarga sobat. Lantas cara mencegah bakteri penyebab penyakit disentri bagaimana? Berikut ini tipsnya :

  1. Biasakan Diri Untuk Selalu Bersih
    Caranya dengan selalu mencuci atau membersihkan tangan secara tepat. Usahakan dalam membersihkan tangan, gunakanlah sabun pembasmi bakteri dari Lifebuoy. Kenapa harus sabun Lifebuoy? Sebab sabun Lifebuoy terbukti ampuh atasi kuman-kuman jahat pemicu disentri. Sementara itu, usahakan membersihkan tangan disepanjang hari diantaranya saat sebelum santap makanan dan menyiapkan sajian makanan dan mencuci tangan setelah berada di toilet. Apabila hal ini bisa kalian lakukan, maka bakteri pemicu disentri tidak akan mungkin bisa hampiri tubuh sobat.
  1. Usahakan Minum Air Putih Sesering Mungkin
    Ketahuilah, sering minum air putih mampu mengembalikan sebuah cairan yang hilang dari aktivitas yang sobat jalankan seharian. Namun jika minum air putih, hindarilah air putih yang terlalu panas dan terlalu dingin karena air dengan kondisi tersebut justru membuat tubuh menjadi lemah. Jadi, usahakan minum air putih yang pas-pasan agar sistem pencernaan semakin lancar dan bisa mencegah timbulnya disentri.
  1. Cucilah Baju Dengan Air Panas
    Jika ada pakaian keluarga yang terkena infeksi, usahakan mencucinya dengan air pana karena air panas dipercaya bisa membunuh bakteri yang ditimbulkan dari infeksi tersebut.