2 Pantangan Penderita Hipertensi

Pantangan Penderita Hipertensi

Apakah kini sedang menderita penyakit darah tinggi? Semoga saja tidak, karena penyakit darah tinggi atau biasanya disebut penyakit hipertensi termasuk kondisi penyakit yang berbahaya dan banyak sekali pantangan darah tinggi. Penyakit hipertensi secara agresif akan meningkatkan risiko penyakit bahaya lain seperti serangan stroke, serangan jantung dan masih banyak lagi penyakit pembuluh darah lainnya. Selain itu, hipertensi juga bisa mengakibatkan timbulnya penyakit diabetes, gagal ginjal dan juga gangguan memori. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penyakit hipertensi bisa meningkatkan risiko penyakit komplikasi yang mematikan. Lantas untuk mengetahui tekanan darah pada pembuluh darah itu bagaimana? Untuk bisa mengetahui tinggi rendahnya tekanan darah pada pembuluh darah itu diketahui setelah diukur menggunakan alat kesehatan tensimeter.

Untuk tekanan darah normal, digambarkan dengan istilah 120/90. Dimana, tekanan darah pada tubuh Anda sebesar 120>90. Jadi, untuk tekanan darah dikatakan tinggi maka angka pada tensimeter menunjukkan lebih tinggi dari 120/90, misal 150/100. Lantas apa yang menyebabkan munculnya penyakit darah tinggi? Secara pasti, penyakit hipertensi tidak mempunyai penyebab khusus. Ada banyak orang yang mengidap penyakit hipertensi karena faktor fisik maupun faktor emosi. Namun ada beberapa penyebab penyakit hipertensi seperti faktor usia, gaya hidup, faktor penyakit-penyakit tertentu dan juga faktor dari riwayat keluarga karena jika orangtua Anda memiliki riwayat penyakit hipertensi maka otomatis anggota keluarga yang lain juga berpotensi besar mengidap penyakit hipertensi. Lantas apa saja pantangan penderita hipertensi?

Ada banyak sekali pantangan hipertensi yang wajib dipahami oleh penderita darah tinggi. Berikut ini 2 pantangan darah tinggi :

  • Makanan Kaya Lemak Jenuh

Makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh tinggi seperti daging domba, sapi dan juga minyak sawit dilarang keras untuk dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Asupan lemak jenuh secara berlebihan bisa mengakibatkan tingginya risiko kegemukan badan dan bisa memicu tingginya tekanan darah pada pembuluh darah. Nah, disarankan untuk memilih produk minyak Tropicana dan produk-produk Tropicana yang lain jika ingin terhindar dari serangan darah tinggi karena Tropicana rendah lemak dan non kolesterol.

  • Olahraga Beban

Memang olahraga itu penting, tapi untuk penderita hipertensi dilarang keras melakukan kegiatan olahraga berat seperti fitnes dan olahraga angkat-angkat beban lainnya karena bisa memicu tingginya tekanan darah pada tubuh.

Itulah dua pantangan darah tinggi yang wajib dipahami. Semoga bermanfaat!