2 Alat Penting Penjaga Kadar Gula Darah Bagi Penderita Diabetes

Salah satu penyakit yang memerlukan perawatan ekstra adalah diabetes. Perawatan tersebut termasuk juga peralatan kesehatan yang diperlukan oleh penderita diabetes. Alat-alat tersebut tentu saja tak hanya mencakup obat-obatan, sehingga Anda harus mencarinya di tempat-tempat yang jual alat kesehatan. Kenali dulu apa saja peralatan kesehatan yang diperlukan dalam melakukan homecare bagi penderita diabetes berikut ini.

Penderita diabetes harus selalu menjaga kadar gula darah mereka sehingga tak terjadi komplikasi yang tak diinginkan di tubuh mereka. Hal ini bisa dilakukan dengan menjaga makan, berolahraga, dan juga dengan melakukan pengecekan kadar gula darah secara rutin. Beberapa penderita diabetes bahkan membutuhkan tambahan insulin secara teratur demi menjaga agar fungsi organ tubuh bisa berjalan dengan lancar. Semua itu tentunya membutuhkan peralatan kesehatan yang khusus.

Anda yang mempunyai penyakit diabetes, atau ada anggota keluarga yang mengalaminya, perlu melihat tempat yang jual peralatan kesehatan dan membeli alat berikut ini :

1. Alat Pengecek Kadar Gula Darah

Alat ini merupakan converter yang digunakan untuk bisa mengecek gula darah. Jenisnya normalnya ada 2, yaitu mmol/L atau milimoles/Liter, dan mg/dL atau miligram/desiliter. Kebanyakan yang digunakan di Indonesia adalah yang terakhir ini.

2. Alat Penyuntik Insulin

Alat ini dibutuhkan jika tingkat diabetes yang diderita cukup parah sampai memerlukan suntikan insulin agar gula darah tetap normal. Penggunaan alat yang salah bisa menyebabkan efek samping yang tidak baik bagi badan. Jenisnya sendiri ada 2:

  • Pena insulin, adalah alat yang paling nyaman dan praktis, dengan cartridge berisi insulin yang di ujungnya terdapat jarum sekali pakai.
  • Pompa insulin, bentuknya seperti infus kecil, di mana jarum dimasukkan ke bawah kulit lalu diganti tiap 24 atau 72 jam sekali.

Semua alat untuk penderita diabetes tersebut mempunyai variasi dalam penggunaannya, sehingga Anda yang membutuhkannya harus bertanya ke dokter dan membaca petunjuk penggunaan sebelumnya. Hal ini perlu dilakukan karena kesalahan penggunaan bisa berakibat buruk bagi penggunanya. Anda bisa mendapatkan alat-alat ini di toko-toko yang jual alat kesehatan seperti Medtek, yang khusus menyuplai peralatan seperti ini.